Senin, 29 November 2010

Peranan Koperasi terhadap Peningkatan Kemakmuran Rakyat sebagai berikut
a. Koperasi membantu para anggotanya untuk meningkatkan penghasilan sehingga dapat meningkatkan kemakmuran .
b. Koperasi menciptakan dan memperluas lapangan kerja
c. Koperasi mempersatukan dan mengembangkan daya usaha dari orang-orang,baik sebagai perseorangan maupun sebagai warga masyarakat .
d. Koperasi ikut meningkatkan taraf hidup rakyar
e. Koperasi ikut meningkatkan kecerdasan rakyat
f. Koperasi berperan dalam penyelenggaraan kehidupan ekonomi secara demokratis.

Kekuatan dan kelemahan Koperasi :
Kekuatan yang dimiliki koperasi Indonesia sebagai berikut :
1. Keterlibatan anggota dalam koperasi dapat ditunjukan dalam bentuk partisipasi anggota yang merupakan aktivitas yang mendorong kreativitas anggota
2. koperasi merupakan organisasi dari,oleh dan untuk anggota
3. Keseimbangan pemanfaatan hak dan penekanan kewajiban yanh harus dilakukan seluruh anggota karena koperasi milik semua anggota dan menjadi tanggung jawab bersama.
4. Kumpulan orang-orang yang memiliki kepentingan bersama sehingga akan muncul dukungan dalam bentuk partisipasi merupakan satu potensi untuk bersama-sama mengembangkan koperasi.
Kelemahan yang dimiliki oleh koperasi adalah sebagai berikut :
A. Koperasi merupakan bagian integral dari perjuangan bangsa sejak kebangkitan nasional,namun banyak masyarakat yang menganggap koperasi bukanlah salah satu badan usaha yang dapat menguntungkan secara ekonomi.
B. Koperasi sering diindentikan dengan standar hidup yang rendah karena sebagian besar anggota berasal dari kalangan menengah
C. Belum tumbuh dan tertata dengan baik kerjasama dengan badan usaha lainnya dalam bentuk jaringan yang sifatnya saling mengisi dan saling menunjang sehingga kopersai sulit berkembang.
D. Sangat dikit dukungan atau keberpihakan pemerintah dan lembaga keuangan untuk memajukan koperasi dibandingkan dengan dukungan yang diberikan kepada bentuk badan usaha yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar